Tips Membeli Dan Memilih Tanaman Hias Aglaonema


Tanaman hias Aglaonema mempunyai corak warna daun mempesona dan memikat yang melihatnya. Dengan teknik penyilangan, saat ini tanaman hias Aglaonema mempunyai corak warna daun banyak variasi. Jenis baru terus bermunculan. Baik dari negeri kita sendiri maupun dari Thailand. Tanaman hias yang satu ini semula hanya berdaun warna hijau. Dan dalam perkembangannya, sudah banyak kombinasi warna; merah, putih, kuning, silver, pink dan orange. Aglaonema merupakan tanaman hias yang pertama dengan sistem penjualan per lembar daun atau menghitung jumlah daun. Daun merupakan komponen terpenting untuk tanaman hias ini. Aglaonema dengan daun yang mulus, tidak ada sobek, susunannya rapi, rimbun dan kompak adalah idaman para hobiis.

Untuk mendapatkan Aglaonema seperti itu tidaklah mudah. Untuk tanaman hias ini, bila kondisi sudah jadi demikian yang pasti harganya mahal. Banyak hal yang mesti diperhatikan. Pemilihan tanaman hias dengan teliti yang menjadi kuncinya. Perburuan harus dimulai dari nursery satu ke nursery lainnya. Namun susah mendapatkan seperti itu. Alternatifnya bisa mencari bakalan yang bagus, dan nantinya diharapkan bisa menjadi prima. Susah memang, biasanya tanaman hias Aglaonema yang sudah jadi susah dilepas oleh pemiliknya. Kalaupun boleh harganya sudah tak terkira. Karena dijadikan ikon nursery tersebut. Dengan mendapatkan bakalan yang bagus, akan menghemat pengeluaran. Harga bakalan belum begitu mahal. Namun dalam pemilihannya harus cermat. Yaitu harus dipahami kualitas Tanaman hias yang akan dipilih, sifat khasnya dan memperhatikan perawatannya.

A. Kualitas faktor utama yang harus diperhatikan

Kulaitas baik merupakan kunci utama dalam pemeliharaan tanaman hias, termasuk aglaonema. Tanaman hias dibeli untuk dinikmati keindahannya. Sehingga, Tanaman dengan kualitas prima, tidak ada cacat baik daun maupun batang, adalah suatu keharusan. Hal ini penting, agar para pembeli nantinya tidak kecewa setelah tanaman dewasa. Cacat biasanya disebabkan oleh keteledoran perawatan atau serangan hama penyakit. Untuk mendapatkan aglaonema dengan kualitas baik, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

1. Tempat membeli.

Pilihlah tempat membeli aglaonema di nursery yang berkualitas. Nursery yang diakuai kredibilitasnya. Nursery yang sering memenangkan kontes tanaman hias. Nursery yang mau memberikan jaminan akan barang dagangannya. Sehingga jenis dan kualitas aglaonema tersebut terjamin. Kebersihan nursery juga perlu diperhatikan. Nursery yang bersih mencerminkan tanaman hias yang ada sehat dan bebas dari hama dan penyakit.

2. Periksa keseluruhan tanaman.

Aglaonema, tanaman hias yang rata-rata harganya masih mahal. Sehingga agar tidak kecewa, sebelum terjadi transaksi perlu diadakan pemeriksaan secara menyeluruh. Daun harus mulus dan mengkilap. Tidak ada bekas serangan hama. Batang kokoh, bersih, segar dan sehat. Perakaran kokoh. Tanaman tidak goyang. Media tanam masih bagus.

3. Ukuran daun makin besar.

Hal ini penting diperhatikan. Ukuran daun tanaman yang tumbuh bagus makin keatas makin besar. Menandakan tanaman sehat. Bila makin keatas ukuran daun kecil ada bebarapa kemungkinan. Tanaman hias tersebut baru di repotting. Aglaonema tersebut baru berbunga, atau terkena serangan hama dan juga mungkin perakarannya terganggu.

4. Susunan daun rapat.

Tanaman hias seperti ini menandakan pertumbuhan yang pas. Tanaman hias tersebut tidak kurang sinar matahari. Aglaonema tersebut akan tampil kompak. Sehingga akan rimbun dan tampak indah.

5. Tidak tergiur harga murah.

Harga biasanya menuntukan kualitas suatu produk. Boleh-boleh saja untuk mengurangi pengeluaran mencari diskon harga. Tapi tetap perlu diperhatikan aglaonema diskon tersebut. Bagaimana kesehatannya. Bagaimana perawatannya. Ada tidaknya serangan hama. Biasanya suatu nursery yang memberikan potongan harga atau diskon dengan besar-besaran, stock tanaman yang ada pada nursery tersebut menumpuk. Dan dapat dipastikan terhadap tanaman hias tersebut perawatannya dikurangi.

Sifat dan karakter aglaonema juga mesti dipahami, sebelum menentukan pilihan jenis aglaonema apa yang akan dibeli. Untuk postting ini akan saya lanjutkan pada postting berikutnya. Semoga postting yang sederhana ini dapat membantu para hobiis aglonema dalam menentukan pilihannya dalam membeli aglaonema. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Single Post Navigation

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: