7 Tip Cegah Radang Tenggorokan di Musim Panas


SAKIT tenggorokan bukan monopoli anak-anak. Kenyataannya, sekira 40 juta orang dewasa menderita sakit tenggorokan setiap tahunnya. Cegah dan tangkal radang tenggorokan adalah solusinya.
Biasanya, radang tenggorokan merupakan gejala infeksi virus atau bakteri. Tapi, radang tenggorokan juga dapat dipicu oleh iritasi, seperti asam lambung, asap rokok, asap, panas kering, debu, serbuk sari bunga, dan alergen lainnya.
Berikut adalah beberapa tip yang dapat Anda ikuti untuk meringankan rasa sakit tenggorokan, seperti dibahas Articles Base.
1. Kenali setiap gejala alergi
Alergi biasa dapat menyebabkan postnasal drip (atau PND, yang terjadi ketika lendir berlebihan diproduksi oleh sinus) yang melukai tenggorokan. Tenggorokan gatal bukan hanya menyakitkan, tapi juga mengindikasikan suatu kondisi alergi.
Jika Anda memiliki alergi, antihistamin bisa membantu meringankan gejala. Antihistamin memiliki efek pengeringan, jadi pastikan untuk meningkatkan asupan cairan saat Anda mengonsumsinya. Antihistamin juga dapat membuat Anda mengantuk.
2. Pilih pelega tenggorokan terbaik
Tidak semua pelega tenggorokan memiliki formula sama. Pelega tenggorokan yang terbaik mengandung gliserin yang membuat jaringan tenggorokan cukup cairan atau tidak kering.
Anda bisa menemukan pelega tenggorokan di toko makanan kesehatan atau toko obat khusus. Penting diingat, hindari pelega tenggorokan yang mengandung mint atau menthol. Sebab, kedua bahan tersebut cenderung mengeringkan dan itu buruk untuk pangkal tenggorokan.


3. Atasi hidung tersumbat
Hidung tersumbat memaksa Anda untuk bernapas melalui mulut, sehingga tenggorokan menjadi kering. Minum obat decongestant untuk membantu meringankan sakit tenggorokan Anda.4. Mandi air hangat
Anda juga dapat mempertahankan kelembapan jaringan tenggorokan dengan bantuan uap, misal dengan mandi uap atau mandi air hangat.


5. Minum teh hangat plus madu
Teh dengan madu adalah obat tradisional untuk sakit tenggorokan. Anda dapat meningkatkan manfaat terapeutiknya dengan cita rasa pedas dari lada merah. Caranya, tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam teh Anda, lalu beri air dari setengah jeruk lemon dan lada merah. Lada memiliki efek obat bius yang bersifat ringan, juga merangsang sistem kekebalan tubuh.


6. Kurangi volume suara
Agar radang tenggorokan tidak semakin meradang, Anda tak perlu mengeluarkan suara keras jika harus bicara.


7. Pikir dua kali untuk berkumur
Berkumur benar-benar dapat memperburuk dan memperpanjang radang tenggorokan. Melakukannya sekali atau dua kali dengan air garam mungkin membuat Anda merasa lebih baik dengan meningkatkan aliran darah ke daerah tenggorokan. Tapi melakukannya secara teratur, terutama obat kumur, bisa sangat melukai tenggorokan.
Jika Anda ingin berkumur sesekali, maka dianjurkan untuk menggunakan larutan ¼ sendok teh garam dalam ½ cangkir air. Pastikan untuk hanya membilasnya lagi, dan jangan menelan air garam itu.Sumber : Okezone

Single Post Navigation

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: